Cara Mengatasi Bootloop Lenovo K900

Selamat malam teman-teman, hari ini saya ingin berbagi bagaimana cara mengatasi bootloop lenovo K900, ponsel android ini tergolong gadget high-end (di jamanya kemunculanya) manun sekarang sudah masuk di kalangan mid-end ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat maka kedudukan lenovo k900 ini menjadi tergeser, lenovo k900 ini hanya disediakan memori internal saja, tidak ada memory tambahan, namun kapasitasnya mencapai 16GB/32GB, ini juga salah satu yang harus diperhatikan dalam pemilihan untuk membeli gadget, bila hanya terdapat memory internal, saat kita modifikasi ponsel lalu terjadi bootloop, tidak banyak hal yang bisa dilakukan, dengan modifikasi recovery cwm/twrp terkadang bila error lock emmc maka internal storage tidak dapat di akses oleh recovery tersebut, dan hasil akhir juga harus lakukan Flashing tanpa recovery, sulit memang. Namun tidak perlu khawatir, lenovo k900 ini memiliki chipset intel (x86), ponsel berbasis intel biasanya memliliki bootloader yang bagus, saat ponsel terjadi error system yang fatal Droidboot pada intel (bootloader) masih bisa diakses yaitu dengan fastboot, ini dilakukan apabila data, recovery, dan system android memang tidak dapat di akses.
Pada kasus lenovo k900 yang saya alami ini tergolong unik, data terkunci, recovery tidak berfungsi, dan system tidak dapat booting hingga sampai ke menu utama, cuma stack dilogo saya, bahkan ini belum sampai membaca bootanimasi. Untuk temam-teman bila ada kejadian yang serupa, mungkin bisa mengikuti cara ini,
  • Siapkan ADB Fastboot sebagai alat untuk flashingnya, Anda bisa downloads Disini
  • Bila sudah Anda Downloads system image untuk lenovo k900 pada link berikut (system.img.gz - belum di ROOT atau system.img.gz - sudah di ROOT)
  • Matikan ponsel lenovo k900 secara paksa Tekan Tombol POWER + VOLUME DOWN 5-7 detik, lalu masuk ke Droidboot dengan menekan tombol POWER + VOLUME UP secara bersamaan kira-kira 3-5 detik. Hingga tampilanya seperti gambar 1 dibawah ini.
  • Colokan lenovo k900 pada PC anda

Gambar 1. Lenovo K900 Fastboot Mode
  • Jalankan ABB fastboot hasil downloads tadi, cara menjalankanya CTRL+SHIFT KLIK KANAN - Open Command windeow here seperti Gambar 2. dibawah ini

  • letakan Firmware system.img.gz (rooted/non-rooted) dalam satu directory folder ADB FASTBOOT terebut
  • Ketik fastboot erase system
  • kemudian perintah yang kedua Ketik fastboot flash system system.img.gz, tunggu hingga proses selesai, cabut ponsel anda dan restart, Lenovo K900 anda Pulih kembali.

Apabila Metode ini tidak berhasil anda bisa Lakukan Full Flash Lihat DISINI

Semoga bermanfaat, Modding "Try and Error"

Artikel terkait yang mungkin Anda cari:

Related Posts

Lihat Lagi